laporan biologi PISCES


LAPORAN PRAKTIKUM

CLASSIS PISCES
(Memahami Struktur Dasar Tubuh Cyprinus Carpio)
Kamis, 27 Oktober 2011



Oleh :

 Novita Ristianingrum
09321054
Prody : Biologi A
Kelompok  : G


LABORATORIUM PENDIDIKAN MIPA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO
                                                                            2011


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar belakang


Pisces atau ikan adalah anggota vertebrata poikilotermik (berdarah dingin) yang hidup diair dan bernapas dengan insang. Ikan merupakan kelompok vertebrata yang paling beranekaragam dengan jumlah spesies lebih dari 27.000 diseluruh dunia.  Ikan dibagi menjadi ikan tanpa rahang, ikan bertulang rawan dan ikan bertulang sejati.

Ikan merupakan hewan akuatik ( hewan yang hidup di air ) dengan bentuk tubuh streamline sehingga memungkinkan ikan dapat bergerak dengan mudah di air .
Sirip ikan berfungsi untuk melakukan perputaran. Selain itu, sirip juga digunakan ikan untuk naik ataupun turun dikedalaman . Beberapa jenis ikan dapat bertahan disumber air panas dan beberapa lainnya dapat tinggal di air yang sangat dingin. Ikan merupakan hewan berdarah dingin atau piokilotermik. Ikan juga termasuk ektotermik, yaitu suhu tubuhnya bergantung dengan suhu di lingkungan sekitar.
            Ikan merupakan jenis terbanyak dari vertebrata, selain itu, ikan memiliki gigi dan engsel, ikan juga memiliki insang yang dapat mengekstrak oksigen dari air, memiliki sepasang insang depan, dan sepasang sirip belakang yang membantu untuk melakukan maneuver ketika berenang, ikan melakukan pertukaran gas dengan lingkungannya dengan insang yang terletak di dalam kantung insang. Hamper semua ikan merupakan karnivora . Jenis ikan seperti cyprinus carpio  sangat sesuai untuk bahan pangan, jenis ikan konsumsi air tawar ini memiliki prokdutivitas tinggi jika dibudayakan dengan baik memiliki nilai ekonomis tinggi. Pengetahuan dan pengetahuan dan pemahaman yang terbatas mengenai ikan ini menjadi salah satu penghambat dalam budi daya ikan Cyprinus Carpio.

B.     Tujuan
Tujuan dari melakukan praktikum ini adalah sebagai berikut :
·         Agar dapat mengidentifikasi bentuk luar tubuh Cypirnus carpio
·         Agar dapat mengidentifikasi topografi alat-alat visceral Cypirnus carpio.



BAB II
TINJAUAN PUSTAKA

Menurut Hickman (2005:142) “ Cyprinus carpio merupakan ikan air tawar bertulang belakang yang hidup didanau dan sungai-sungai di cina dan jepang, cyprinus carpio merupakan anggota kelas osteichthyes . umumnya bentuk ikan ini langsing dan sisiknya berwarna keperakan ,terdapat sirip punggung tunggal yang terletak pada pertengahan badan dan suatu sirip ekor yang bercabang. Rahangnya tidak bergerigi tapi terdapat suatu pinggiran tanduk yang berfungsi sebagai alat penghisap, disudut mulut terdapat satu atau dua pasang misaim pendek, ikan ini mengunyah makanan berupa serangga dan tumbuhan dengan sepasang gigi di tenggorokan yaitu faring.”
Menurut Sukiya (2001:9) menyatakan bahwa “ umumnya struktur alat gera pada cyprinus carpio lebih rumit bagian depan lebih rumit daripada balakang, alat gerak pada ikan berupa sirip. Tulang bagian ventral dari pusat sirip ikan disebut korakoid, sedangkan yang memanjang kea rah dorsal dibagian tepi sirip disebut scapula. Tulang gigi berasal dari dermal. Sirip pada ikan pari merupakan modifikasi dari beberapa tulang gigi yang hilang.”
Menurut Amonline (2008:online) menyatakan bahwa “ Tipe sisik sikloid dan stenoid banyak ditemukan pada ikan bertulang keras , bagian anterior pada setiap sisik biasanya biasanya bertumpuk oleh bagian posterior dari sisik depan, susunan ini menyebabkan ikan lebih fleksibell daripada ikan yang memiliki tipe sisik ganoid dan kosmoid, sisik sikloid memiliki tepi posterior yang halus, namun tidak memiliki stenii . sikloid berasal dari kata “cycla” yang berarti lingkaran, sisik sikloid dan stenoid memiliki dua bagian utama , yaitu lapisan bertulang, yang terdiri dari kerangka organic yang terdiri dari kebanyakan kalsium dan garam serta lapisan karat yang lebih dalam yang tersusun atas kolagen “
Menurut sukiyo ( 2005 : 24) menyatakan bahwa “ insang merupakan ciri system pernafasan pada ikan. Secara embriologis , celah insang tumbuh sebagai hasil dari serentetan evaginasi farink yang tumbuh keluar dan bertemu dengan invaginasi dari luar. Setiap kali mulut dibuka maka air dari luar akan masuk menuju farink kemudian keluar lagi melewati celah insang .peristiwa tersebut melibatkan kartilago sebagai penyokong filament insang. Setiap filament atau holobrankia, terpisah menjadi dua bagian yang disebut hemibrankia.

BAB III
METODE PRAKTIKUM

A.    Alat dan Bahan
Alat  :
-          Alat tulis
-          Papan paraffin
-          Seperangkat alat bedah
Bahan :
-          Ikan mas ( Cyprinus carpio )

B.     Cara Kerja
Acara 1 : Study tentang bentuk luar tubuh cyprinus carpio (inspection)
-          Menggambar bentuk luar tubuh preparat , sehingga menjadi jelas informasi mengenai bentuk tubuh, pembagian wilayah tubuh, dan alat-alat tubuh bagian luar.
-          Member keterangan lengkap bagian-bagian dari :
a.       Caput : rima oris, fovea nasalis, organon visus, apparatus, dsb.
b.      Tructus: squama, linea lateralis,anus, porus urogenitalis, pinnae.
c.       Cauda: pinna analis, pinna caudalis.
-          Melengkapi pengamatan inspection terhadap bagian masing-masing organ secara detail (sirip, insang,sisik,tipe sirip ekor dll)
Acara  :Study tentang topografi alat-alat visceral Cyprinus carpio(section)
-          Mematikan preparat ( cyprinus carpio )
-          Melakukan pembedahan diatas papan paraffin , menjepit tubuhnya dengan pinset,melakukan pengguntingan awal sedikit didepan anus, menyusur rongga perut kedepan sampai kebawah pinna pectoris. Pengguntingan selanjutnya dimulai dari depan anus menuju kea rah punggung menyusur dinding perut bagian atas dekat ruas tulang belakang kedepan sampai tutup insang, kebawah hingga bertemu dengan pengguntingan pertama.
-          Mengamati alat dalam Cyprinus carpio, menentukan jenis kelaminnya, selanjutnya menggambar dan member keterangan secara lengkap .


BAB IV
HASIL PENGAMATAN

C.     Pembahasan

Berdasarkan pengamatan yang telah kelompok kami lakukan, yaitu pada struktur ikan cyprinus carpio pada bagian caput , pada bagian caput terdapat rima oris (celah mulut) yang terdapat pada bagian depan rostrum (moncong) ,povea nasalis (cekung hidung), organon visus (mata), organon auditus(telinga) berupa capsula auditiva (tutup insang). Rostrum merupakan ujung mulut yang berbentuk corong dan dapat disembunyikan untuk menangkap mangsanya. Bila ujung moncong ini ditarik kedepan, diraba, akan terasa adanya cartilage penyokong dan ujung bawah disokong oleh cartilage dental. Sepasang povea nasalis terdapat didepan adxilla yang digunakan sebagai indra pembau, sedangkan pada bagian tructus , seluruh badan bersisik, pada sisik kiri kanan tubuh terdapat linea lateralis (gurat sisi) yang berperan sebagai indra keenam untuk mengetahui arah dan tekanan air.sedangkan sirip yang berpasangan terbangun oleh membrane transparan dengan jari-jari carrtilago sebagai rangka penyokongnya. Pada bagian ekor ( cauda ) yaitu bagian tubuh bagian belakang anus, disini terdapat pinna analis dan pinna caudalis .sedangkan pada bagian section, yaitu pembedahanyang kami amati adalah system pencernaan, urogenitas pernafasan, system rangka, dll. Pada system pencernaan terdiri atas tractus digestivus dan glandula digestoria, saluran pencernaan dibangun oleh rongga mulut termasuk kelenjar-kelenjar yang bermuara padanya, dibatasi oleh sepasang rahang atas dan bawah. Kedua pharink, yang merupakan pangkal dari esophagus, kemudian esophagus ( lambung ) dan usus yang dilengkapi dengan kelenjar hepatopankreas dan berakhir pada anus. Pada isitem perkembangbiakan ciprinus carpio dapat dibedakan organ kelamin jantan  tampak berwaarna putih susu dengan permukaan licin berisi  spermatozoa , sedangkan pada alat kelamin betina tampak berwarna kuning dengan permukaan berbintik berisi ovum, saluran pelepasannya berupa oviduct yang juga bertemu dan bersatu membentuk sinus urogenitalis.pada system pernapasan proses pengambilan oksigen dan pelepasan terjadi di filament insang karena adanya system kapiler. System peredaran darah bersifat tunggal yaitu hanya sekali melewati jantung, darah dari jantung menuju insang dan dialirkan ke dorsal aorta dan kemudian terbagi ke organ tubuh lainnya.pada sistem saraf ikan terdiri atas sistem saraf pusat dan sistem syaraf tepi. Jika tubuh ukan di potong tegak lurus melalui tulang punggung, akan tampak bahwa otot tersusun menurut lingkar-lingkaran konsentris, potongan otot yang melingkar ini disebabkan karne lapisan otot dari arah cranial ke caudal.


BAB  V
KESIMPULAN

Dari pembahasan yang telah yang telah kami sampaikan dapat di simpulkan bahwa cyprinus carpio sebagai ukan bertulang keras mempunyai berbagai sistem dalm tubuhnya yang menunjang kehidupannya dengan berbagai bentuk dan struktur yang berfariasi. Ikan ini berdasarkan cirri-cirinya telah mewakili ikan air tawar pada umumnya salah satu ciri yang membedakan   antara jantan dan betina adalah warna gonadnya. Gonad jantan berwarna putih keruh, sedangkan betina seperti agar-agar, dalm kehidupan sehari-hari, ikan ini sering dibudidayakan sebagai konsumsi pangansehingga bernilai ekonomis tinggi.



DAFTAR PUSTAKA

Amonline.2008.fish anatomy. http:/www.amline.net.au/fishes pada tanggal 2 november 2011
Hickman.2003.animal divercity.mcgraw-hill companies:north America
Sukiya.2005.zoologi vertebrata.UGM:Yogyakarta
Jasin.1991.zoologi vertebrata.penerbit sinar wijaya:Surabaya.

0 komentar:

Post a Comment

www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com