cara menurunkan panas pada bayi

agar cepat turun panas

Cara Menurunkan Panas Pada Bayi

 Saat suhu badan bayi meningkat kita sebagai orangtua seringkali merasa panik, apalagi bagi ibu-ibu muda yang belum berpengalaman merawat bayi.
          Kali ini saya ingin share pengalaman saat anak pertama kami panas, saat ini dedek faza berusia 11 bulan, dari pengalaman jika faza panas, saya tidak langsung memberinya obat,.

Kalo bisa diobatin secara tradisional dulu, biasanya kalo panasnya semalaman tidak membaik baru paginya saya membawanya kebidan, jika bayi kita panas, jangan terlalu panik dulu, karna panas adalah bentuk reaksi tubuh bayi melawan penyakit atau virus dalam tubuhnya,apalagi bayi dibawah 1 tahun sistem kekebalan tubuhnya belum sempurna.

 Biasanya kalo faza badannya mulai panas yang saya lakukan :

 1. Mengganti bajunya dengan baju yang berbahan tipis, karna pakaian yang tipis memudahkan suhu panas keluar dari tubuhnya,jangan pakaikan pakaian yang tebal atau menyelimuti bayi dengan selimut yang tebal.
 2  Parut bawang merah dan dicampur minyak makan atau minyak telon dan saya balurkan ke tubuhnya, terutama bagian punggung, perut, dada dan kakinya.
lalu sisanya saya tempelkan di ubun2nya, tapi jangan sampai kena mata ya bunda, yang saya tahu bawang merah mengandung minyak atsiri yang dapat memudahkan panas keluar dari tubuh bayi. 
 3.  Pakaikan kaos kaki agar bayi tetap merasa hangat,
4.  Jika bayi asi eksklusif sebaiknya susui bayi sesering mungkin agar asupan makanannya terjaga, jika bayi sudah mulai makan, biasanya saat panas bayi akan susah makan sebagai gantinya saya biasa membuatkan air tajin, air tajin mengandung banyak karbohidrat, selain itu air tajin juga bisa mengatasi dehidrasi pada bayi.
5.  Usahakan bayi jangan dibawa keluar, jaga aktivitasnya agar tidak capek, karna kalo capek, kondisi badan semakin menurun, gendong bayi agar merasa nyaman.
          Waktu itu pernah faza sakit panas sampai 5 hari, naik turun, panasnya mulai magrib tapi paginya turun lagi,begitu terus sampai 5 hari, kalo mulai panas jadi rewel,  sampai saya membawanya kebidan 2 kali alhamdulilah malam kelima badannya tidak panas lagi.

0 komentar:

Post a Comment

www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com