Perkembangan Otak Anak Usia Dini

Perkembangan Otak Anak Usia Dini 

Masa kanak-kanaknya adalah periode perubahan otak yang cepat. Selama masa kanak-kanak dan tengah, otak membentuk dan memperbaiki jaringan koneksi yang kompleks di otak melalui synaptogenesis, pemangkasan, dan mielinasi.Otak anak mengalami masa perkembangan yang menakjubkan sejak lahir sampai tiga tahun - menghasilkan lebih dari satu juta koneksi saraf setiap detiknya.
 
Telah terjadi ledakan penelitian selama dekade terakhir yang menunjukkan betapa pentingnya beberapa tahun pertama kehidupan anak dalam hal perkembangan otak.Bayi yang baru lahir saat lahir memiliki sebagian besar sel otak yang akan kita miliki sepanjang hidup kita, namun relatif sedikit koneksi, sirkuit di antara sel-sel yang berbeda. Apa yang terjadi sangat, sangat cepat adalah bahwa otak sedang membangun koneksi, itu membangun sinaps (koneksi). Bayi membentuk 700 koneksi saraf baru per detik pada tahun-tahun pertama kehidupan. Proses membangun arsitektur otak ini secara dramatis dipengaruhi oleh pengalaman hidup. Ini tidak tertanam secara genetis. Secara harfiah, lingkungan kita membentuk arsitektur otak kita di tahun pertama kehidupan. Ini kita sebut sebagai neuroplastisitas.
 
Proses pembentukan koneksi didorong secara biologis, namun pengalaman juga mempromosikan pembentukan sinaps. Otak menghasilkan lebih banyak sinapsis daripada yang pada akhirnya akan digunakan. Periset menggambarkan proses ini sebagai overproduksi sinaptik. Persiapan sinapsis cepat ini berlanjut sepanjang masa kanak-kanak. Proses mielinasi (meliputi serabut saraf dengan selubung myelin sehingga bisa memproses impuls lebih cepat) juga berlanjut selama masa kanak-kanak dan merupakan penyebab utama peningkatan ukuran otak seorang anak. Dalam empat tahun pertama kehidupan, otak meningkat menjadi 80% dari berat dewasa 2,6 - 3,3 pon (1200-1500 gram).
 
Pemangkasan (menghilangkan serabut saraf yang tidak terpakai) adalah proses kunci yang membentuk otak anak-anak muda. Overproduksi sinaptik menyebabkan sinaps berkembang dengan sangat cepat. Proses pemangkasan memperbaiki koneksi ini berdasarkan pengalaman. Sambungan yang digunakan secara teratur menjadi lebih kuat dan lebih kompleks. Koneksi yang tidak digunakan dianggap tidak penting, dan otak akhirnya memangkasnya untuk meningkatkan efisiensi.
 
Sebagai contoh, otak bayi memiliki koneksi yang memungkinkannya mendengar suara dari semua bahasa di dunia. Selama tahun-tahun awal, otak memperkuat koneksi untuk suara dalam bahasa yang didengarnya secara teratur. Seiring waktu, otak menghilangkan koneksi untuk suara lainnya. Inilah sebabnya mengapa kebanyakan orang dewasa memiliki masalah dalam membedakan suara yang tidak ada dalam bahasa kita. Otak bayi bergantung pada responsivitas orang dewasa. Jadi semua hal menggemaskan yang dilakukan bayi sejak awal - coos, gurgles, sounds and smiles - bagaimana orang dewasa menanggapi koos dan gurgles tersebut membantu membentuk sirkuit otak. Suara pertama yang didengar bayi yang baru lahir adalah suara ibu yang merupakan satu-satunya suara yang dikenalnya yang didengarnya saat lahir. Inilah kemungkinan alasan di masa dewasa ketika kita mendengar suara ibu kita memiliki efek menenangkan karena koneksi yang kuat.
 
Bayi melakukan sesuatu, orang dewasa meresponsnya kembali. Dan sebaliknya. Dan itu bolak-balik, responsif, yang membentuk sirkuit otak. Kita mulai melihat perbedaan ukuran kosa kata anak sejak 18-24 bulan. "Perbedaan ini tidak tertanam secara genetis. Mereka didasarkan pada perbedaan dalam jenis lingkungan bahasa dan interaksi dimana anak tumbuh.
 
Beberapa prinsip inti yang menjadi dasar pengembangan otak adalah istirahat
1. Perkembangan manusia dibentuk oleh interaksi dinamis dan kontinyu antara perubahan struktur dan pengalaman.
2. Budaya mempengaruhi setiap aspek perkembangan manusia dan tercermin dalam keyakinan dan praktik mengasuh anak yang dirancang untuk mempromosikan adaptasi yang sehat.
3. Pertumbuhan pengaturan diri adalah landasan pembangunan anak usia dini yang melintasi semua ranah perilaku.
4. Anak-anak adalah peserta aktif dalam perkembangan mereka sendiri, yang mencerminkan dorongan manusia intrinsik untuk mengeksplorasi dan menguasai lingkungan seseorang.
5. Hubungan manusia, dan efek hubungan pada hubungan, adalah blok bangunan pembangunan yang sehat.
6. Perbedaan individu yang luas di kalangan anak kecil seringkali membuat sulit untuk membedakan variasi normal dan penundaan maturasi dari gangguan sementara dan gangguan persisten.
7. Perkembangan anak-anak terbentang di sepanjang jalur individu yang lintasannya ditandai oleh kontinuitas dan diskontinuitas, dan juga oleh serangkaian transisi yang signifikan.
8. Perkembangan manusia dibentuk oleh saling keterkaitan antara sumber kerentanan dan sumber ketahanan.
9. Waktu pengalaman awal bisa menjadi masalah, namun, lebih sering daripada tidak, anak yang sedang berkembang tetap rentan terhadap risiko dan terbuka terhadap pengaruh proteksi sepanjang tahun-tahun awal kehidupan dan sampai dewasa.
10. Jalannya perkembangan dapat diubah pada anak usia dini dengan intervensi efektif yang mengubah keseimbangan antara risiko dan perlindungan, sehingga menggeser peluang yang mendukung hasil adaptif yang lebih baik.
 
Intervensi awal adalah strategi yang paling menjanjikan untuk membangun bangsa dan membentuk masyarakat yang welas asih dan damai dan membutuhkan waktu.



0 komentar:

Post a Comment

www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com